Kamis, 19 November 2015

harapan mustahilku


Aku seorang anak remaja yang terbilang cukup pendiam dan sedikit susah bergaul dengan semua orang yang baru saja ku kenal ,namun di balik itu semua ,aku mempunyai harapan yang besar ,harapan yang tak semestinya pantas untukku . karena harapanku hanya satu , yaitu aku ingin agar suatu saat nanti semua orang yang ku sayangi berkumpul di dekat ku dan hanya bersamaku ,entah itu kapan terjadinya ,semoga saja lekas ….
Hari itu seperti biasanya aku selepas pulang sekolah dan ingin mengadakan kunjungan ke alumni sekolahku untuk memenuhi tugas sekolahku ,kebetulan saat itu aku juga mempunyai janji untuk bertemu dengan seseorang yang special di hidupku ,dia adalah seseorang yang kukenal melalui media jejaring social ,dan aku ingin benar-benar serius untuk menjalani hubungan dengannya . namun pada hari itu entah mengapa aku bisa lupa dengan janjiku dengannya dan malah menyetujui ajakan temanku untuk pergi bersama mengunjungi alumni . di dunia nyata
‘’cepet .. aku sudah sampai di tempat kita janjian , cepatan kesini ,kalo dalam setengah jam tidak sampai juga aku akan pulang saja !!!’’ katanya via sms .saat mendapat sms itu hatiku gembiranya bukan main ,akhirnya hubunganku yang selama ini hanya berlangsung di dunia maya ,akan berlanjut juga di dunia nyata ,tapi bagaimana dengan janjiku dengan teman-temanku ? ahhh mengapa aku bisa lupa janji sepenting ini dengan doi sihh ,mengapa juga aku harus meyetujui ajakan temanku itu ,kalo sudah begini ,apa yang harus ku lakukan ?
Perlu waktu yang lama untuk memikirkan balasan apa yang akan ku kirimkan padanya , dan akhirnya . ‘’kamu lurus aja ke jalan di depan itu ,nanti kalo sudah lihat gang ,masuk aja . aku disitu ,sekalian minta tolong anterin pergi ya ?’’ klik , send . ahh kira-kira bagaimana reaksinya ya dengan balasan dariku, semoga perkembangannya bagus .
Tak lama sebuah motor Jupiter MX berwarna biru mulai mendekatiku ,dialah someone special ku ,lalu kami pun pergi bersama dengan beralih dari tujuan awal ,berganti menjadi mengantarku melakukan kunjungan alumni .tak kusangka kecepatannya sepeda motor nya mencapai 45/km ,naik menjadi 50/km dan terus naik .
’’ sayanggggg ,, turunin kecepatannya dong , aku takut nih ,jalan nya kan baru saja kena hujan dan pasti jadi licin ,tolong hati-hati sayangg ,dan please kurangi kecepatannya ,demi aku sayang ,demi kita’’ hanya itu kata-kata yang dapat ku ucapkan dengan perasaan yang begitu takutnya. Kemudian dia menoleh ke wajahku yang tepat berada di bahunya ,meringkuk dan mendekapnya dengan rasa takut , lalu ‘’emmmmmuuacchh ,tenang sayang ,kamu nggak usah takut ,aku sudah ahli kok dengan kecepatan seperti ini ,bahkan aku masih bisa menambah kecepatanku lagi ‘’
Namun setelah tepat dia menciumku dan mencoba menenangkanku ,datang dari arah sebaliknya sebuah truk yang bermuatan pasir yang kelihatannya melebihi dari beban maksimal ,yang membuat truk itu menjadi oleng ketik melewati jalan berliku-liku yang tepat saat ini juga ada kami .. dan kemudian CCHHHHIIITTTT … BBBRRRUUUUKKKKKK ,semuanya menjadi gelap .
Ketika aku membuka mataku ,ternyata aku sudah berada di rumah sakit ,sebuah infus menancapp erat di pergelangan tangan kananku.aku mencoba mengingat kejadian terakhir sebelum aku berada di disini ,dan yang terakhir ku ingat haya sebuah truk pasir yang oleng ,dan untuk menghindarinya dia membanting stir kea rah kiri dan motor kami menabrak pohon ,lalu semuanya menjadi gelap ,dan aku tidak mengingat apa-apa lagi setelahnya .
Tapi sekarang disini ,aku melihat semua orang yang kukenal yang menyayangi dan kusayangi semuanya ada disini ,bahkan ada yang sampai tidur di sampingku ,aku melihat itu semua seperti tidak mungkin ,apakah ini mimppi ya tuhan ? kalau iya tolong jangan biarkan mimpi ini berakhir begitu saja tuhan ..
‘’ heii lihat itu thiwy sudah sadar ,akhirnya dia bangun juga dari tidurnya, cepat panggil dokter ‘’ teriak salah satu temanku ,’’ dimana aku sekarang ? dimana dia ? apakah dia baik baik saja ?’’. tak lama dokterpun masuk,’’tenang ,sekarang kamu di rumah sakit ,untuk salah seorang temanmu langsung membawa mu kemari . dan mungkin orang yang kau cari ada disana ,dia terus mengingau namamu sambil berteriak,tapi taka pa Karena kami sudah memberinya suntikan penenang’’
akhhhh ternyata ini bukan mimpi ,harapan dan impianku menjadi nyata ,meskipun dengan cara seperti ini ,tetapi trima kasih tuhan ,rencanamu memang sungguh indah dan tidak terduga .

Jumat, 13 November 2015

analisis novel sang pemimpi karya andrea hirata

Cerita ini berkisah tentang tiga orang sahabat yang ada di perkampungan Magai, Belitong, yaitu Ikal, Arai, dan Jimbron. Ketiganya memliki karakter yang berbeda-beda namun saling melengkapi satu sama lain. Yang pertama adalah tokoh utama dalam cerita ini, Ikal, seorang yang dikenal penggemar berat kak Rhoma Irama yang selalu bekerja keras dan juga seorang pelari kencang di SMA Bukan Main. Selanjutnya adalah Arai. Sang Simpai Keramat, sebutan bagi orang Melayu yang sebatang kara. Arai adalah seorang yang berhati suci seperti malaikat yang turun dari langit untuk menyadarkan orang-orang Melayu. Pikirannya sunguh tak pernah diduga-duga, selalu saja membuat orang merasa terkejut dan menjadi takjub. Yang takhir adalah Jimbron. Ia juga sebatang kara, ditinggal mati oleh kedua orang tuanya sejak masih kecil dan menyebabkan ia sering gagap saat terjadi situasi yang menurut dia itu hal yang menggembirakan atau menyedihkan. Satu-satunya yang ada di pikiran Jimbron adalah kuda, karena setiap hari topik yang selalu ia bicarakan adalah kuda.
Pak Balia, guru yang mengajar di SMA Bukan Main adalah penyemangat Ikal, Arai dan Jimbron untuk bermimpi menjadi orang Melayu pertama yang menginjakan Altar Suci almamater Sorbonne, Perancis. Setelah itu, mereka akan mengelilingi Eropa sampai Afrika. Sejak saat itu pun mereka selalu giat belajar dan bekerja untuk menabung yang mana akan dijadikan modal untuk pergi ke Perancis. Mereka bekerja sampai larut malam demi mengejar satu mimipi yang bagi orang-orang itu hanya sebatas mimpi jika yang bermimpi adalah orang Melayu.
Pernah suatu hari, Ikal merasa tidak sanggup mengejar mimpi yang selalu digembor-gemborkan Arai itu. Ia merasa hanya akan jadi mimpi dan akhirnya bernasib sama seperti pemuda-pemuda Belitong kebanyakan yaitu menjadi buruh Timah. Sejak saat itulah ia menjadi malas belajar sehingga prestasi rangkingnya turun drastis. Ia telah mengecewakan bapaknya, Bapak Juara Satu Sedunia. Namun, bapaknya tetap sabar dan senang hati mengambil rapor Ikal dan Arai meski ia tahu akan malu karena prestasi anaknya. Ikal merasa berdosa besar telah mengecewakan bapaknya karena bapaknya telahmati-matian membiayai sekolah Ikal dan Arai. Dan semangat Ikalpun tumbuh kembali dan berhasil menempati rangking tiga di semester berikutnya.
Setelah lulus SMA, Ikal dan Arai merantau ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan di UI (Universitas Indonesia). Jimbron tidak ikut karena ia merasa mereka berdualah yang pantas dan sebagai gantinya ia memberikan masing-masing celengen kuda kepada Ikal dan Arai yang sama isinya. Sesampainya di PulauJawa, mereka tidak menemukan Ciputat (Jakarta) yang telah direkomendasikan oleh Mualim, mereka malah terbawa ke Bogor dan sekaligus menjadikan Bogor sebagai langkah awal mereka untuk melangkah lebih jauh. Di sana, mereka bekerja sebagai tukang foto kopi untuk membiayai hidup sehari-hari. Beberapa bulan kemudian, mereka telah capek akan kehidupan metropolitan yang kejam. Untuk mendapat hidup yang layak, Ikal akhirnya mengikuti tes dan pelatihan sebagai tukang sortir di kantor pos selama sebulan. Sebulan kemudian, ia kembali ke kos dan mendapati sebuah surat yang menjelaskan bahwa Arai pergi ke Kalimantan namun tidak meninggalkan alamat.
Kuliah dan menjadi pegawai di kantor pos selalu menjadi rutinitas Ikal dengan setiap hari selalu merindukan sepupu jauhnya, Arai. Saat Ikal lulus IU dengan predikat cumlaude pun ia masih tidak menemukan tanda-tanda akan keberadaan Arai. Usaha selanjutnya setelah ia lulus adalah mencari beasiswa ke Eropa untuk melanjutkan mimpi yang telah dibangun bersama Arai dan Jimbron. Pada saat selesai interview dalam usahanya mendapatkan beasiswa. Beruntung Ikal dapat bertemu dengan Arai di tempat yang sama. Ia beranggapan, jika mengenal Arai, ia akan tahu bahwa Arai akan ke tempat itu dengan tujuan yang sama. Setelah mereka bertemu, beberapa hari kemudian mereka pulang ke Belitong karena sesuai janjinya mereka akan pulang jika sudah mampu lulus sarjana. Di sana mereka bertemu sahabat tercinta, Jimbron. Jimbron akhrinya menikahi Laksmi, gadis pujaan hati Jimbron dan memiliki seorang anak.
Ikal dan Arai setiap hari selalu was-was menunggu surat dari tukang pos. hari itu pun tiba. Mereka telah menerima surat pengumuman hasil tes beasiswa yang mereka kejar dan hasilnya mereka sama-sama lulus dan yang paling tak kalah menggembirakan adalah mereka sama-sama diterima di Universitas yang sama, yaitu Universite de Paris , Sorbonne, Prancis.

Sabtu, 28 Februari 2015


                                            OMG !!!!!

Saat itu aku dan teman teman sedang makan siang di ruang kelas , sambil minum es ku berkata ‘’hmmh , katanya hari ini full nggak pelajaran . gimana sihh kok pelajaran , untung aja aku bawa semua mata plajaran gari ini .’’
Tiba tiba sahabat ku yang baru saja dari kantin ikut nimbrung ‘’ia tuhhh dasar ketua kelas pembohong , kasih informasi kok kurang lengkap ‘’ katanya . ‘’ huuuuu . baru dating kok nyambung nyambung ‘’ sahut aku dan ketiga sahabt ku hampir bersamaan .
‘’cieee cieee sehati nih yee cerita nya , jawab aku aja sampe barengan gitu ngomong nya ‘’celetuk nya smabil menyenggol bahu ku agak keras . ‘’ehhhhh iyaa habis istirahat ini suruh kumpul di lap biologi bawah lho ‘’ kata sahabat ku yang jail itu sambil tetap mengunyah makanan nya hingga suara nya gemeretak gigi nya terdengar jelas oleh ku dan mungkin oleh teman teman ku yang lainnya juga .
‘’lahh . kita kita juga udah pada tauk kalik , kan kemaren pak didik juga udah ngomong kalo habis istirahat kedua suruh langsung pada menuju ke lap biologi bawah ‘’ balas ku agak sewot karena senggolan bahunya yang membuat ku agak sakit . ‘’lohh masak sihh , kok kemaren aku ngaak tau ya ? jawab nya bingung tatkala aku dan teman teman memolototinya dg raut muka tajam .
‘’kamu sihh di kelas kerjaan nya main hp mulu , kalo nggak bbm an ya facebook-an gimana bisa dengar apa yang disampaiin guru dg bener ?’’ kata teman ku yang lain . ‘’ ya udah y udah maaf deh , aku nggak gitu lagi kok , janji ‘’balas nya .Tettttttt…tettttt…..tettttt ‘’tuhh bel nya udah bunyi , langsung ke lap boiologi yukkk semua ‘’kataku ‘’ yukkkkkkkkkk’’
Pas sampai di depan pintu ,aku lihat ada sosok seorang laki laki yang sedang menerima telpon dan berjalan menuju ke ruang lap biologi . ‘’ hei siapa tuhhh , kok kayak nya ake belum pernah liat dia di sekolah ini ya ?’’ kata taniya teman ku yang sejak dari tadi hanya terdiam membisu aja. ‘’ciee cieeee liat orang ganteng baru dehh langsung ngomong dari tadi kemane aja tan tan ‘’
‘’bukannya gitu , tp aku nya lgi males aja , tadi nya aku nggal mau berangkat , tapi karena kata pak didik ini acara yang penting dan semua anak IBB harus ikut , ya udah aku paksain aja kan , takut kalo ini beneran acara yang nggak boleh ditinggalan .kan entar aku nya ynag bakal kewalahan sendiri .’’ balasnya . ‘’lohh kok kalian masih disitu , ayo silahkan masuk . dan dimana teman teman kalian yang lain kok pada belum dateng ?’’ tiba tiba laki laki yang tadi jadi bahan pembicaraan kami , sudah berada tepat si samping ku . ‘’ ehhh ahhh anuuu mas , yang lain masih di kelas , tapi mu mu mungkin bentar lagi bakal nyusul kesini kok ‘’ kataku dengan gugup karena dia yang berada disamping aku .
‘’ohh ya udah dehh , bagus lah kalo begitu . emmb ya udah kalian masuk aja dulu , kalo tetap berdiri di depan pintu , malah ngehalangin orang yang lewat nanti ‘’.kata mas rois sambil tersenyum pada kami semua ,mas rois yang diceritakan oleh pak didik beberapa waktu yang lalu saat masih di dalam kelas .
Mas rois ini , ialah sastrawan muda yang berasal dari banten , beliau baru saja mendapatkan penghargaan oleh Malaysia dan Brunei Darussalam baru baru ini . Dan tak hanya itu , beliau juga termasuk ke dalam salah saty sastrawan muda lima Negara di daerah asia tenggara ini . beliau lahir pada 28 mei 1986 di serang , banten .
Setelah semua siswa berkumpul di lap . mas rois pun membuka acara . ‘’ selamat siang semua nya , para calon penulis dari SMA N 1 BOJA , perkenalkan nama saya m.rois rinaldi dari banten dan lebih sering dipanggil dengan akang rois .
‘’tan..tann kok mas rois itu mirip banget ya sama sama mas potong rambut , gaya nya juga sama . Cuma beda di tempat timggal nya aja tan ‘’ kataku . ‘’ahh kamu itu , apa apa kok sama mas potong rambut kan kan , trus yg nggak sma sama dia siapa ?’’
‘’hehe mungkin itu Cuma perasaan aku aja kali ya tan , walaupun aslinya hampir mirip sihh tan . hehe ‘’ balasku sesekali ketika mas rois sedang oanjang lebar memberikan materi kepada para siswa yang hadir dalam acara tersebut . ‘’jawaban mas rois sih gampang ,tapi belum tentu aku bisa ngelakuin semua itu dengan baik , seperti apa yang mas rois katakan’’ . kataku dalam hati .
Tak terasa sudah satu jam lebih , akang rois memberikan materi . ‘’nis .. niss ternyata mas rois itu orang nya asyik juga ya , bukti nya nggak kerasa juga ya kalo udah lebih darii sau jam kita ada disini , dan lihat semua anak yang hadir kayak nya pada menikmati acara ini dehh nis . tuhh padda ketawa semua dengar lelucon dari mas rois tadi ‘’
‘’ya kan , mas rois orang nya lucu sihh , walaupun kasih materi tapi di kasih sisipan , biar kita nya nggak pada bosen ‘’ . dengar nisa ngomong gitu batin ku terusik , ‘’hihhh nihh anak , kumat dehh sifat sok tau nya ‘’ .
‘’mas , mas aku mau Tanya nihh ,boleh nggak ?’’ seorang kakak kelas laki laki akhir nya ada yang bertanya juga setelah dari tadi hanya anak putri saja yan bertanya . ‘’boleh boleh dek , silahkan aja , mau Tanya apa ?’’ kata mas rois . ‘’Ehh anu mas cara nembak cewek pake puisi itu gimana ya ?’’ sebuah pertanyaan yang langsung membuat semua siswa yang ada di ruangan tersebut tertawa terbahak-bahak karena geli mendengar pertanyaan tersebut .
Mas rois hanya bisa mehan gelak tawa nya , beliau justru terlihat memerah pipinya mendengar pertanyaan itu . ‘’wahhh , adekk ini bahaya ya , jujur saya nggak pernah tuhh nembak cewek pake puisi , walaupun temen temen saya sering ngelakuin itu , tapi saya selalu menolak kalau puisi itu dijadiin alat untuk nembak dan terutama untuk ngegombalin cewek ‘’ jawab nya . ‘’ hhmm , terus solusinya gimana mas ?’’ Tanya kak kelas yang nasih belum puas dg jawabban mas rois barusan
‘’emmb , mas nggak bisa jawab kalo soal itu , ntar semua cewek yang ada di ruamgan ini malah kamu gombalin lagi ‘’ celetuk kan rois . yang lagsung disambut gelak tawa oleh sebagian anak cewek , terutama teman sekelas nya . ‘’mungkin itu adalah pertanyaan termemalukan yang pernah seorang anak cowok tanykan kepada seorang sastrawan muda .’’ begitu batinnyya mas rois mungkin .
‘’baiklah semua , karena waktu saya sudah habis , saya akhiri acara pada siang hari ini dengan akhir kata wassalamu’alaikum wr.wb ‘’ dan begitulah , sebuah pertanyaan lucu yang juga menjadi akhir dari acara jumpa temu sasrawan muda yang bernama mas rois rinaldi .
Laki laki ganteng dan lucu menurut sebagian siswa cewek yang melihat nya menyampaikan materi .

Sabtu, 27 Desember 2014

cerpen sedih

hay semua , langsung saja yaaaa

kalau biasa nya kan saya selalu menyajikan hasil karya saya sendiri untuk di post kan , nahh kali ini saya saya juga akan menyajikan hasil karya cerpen dari orang lain . yaaa  sebagai referensi sya saja dalam berkarya agar semakin lebih baik , dan lebih baik lagi .

berikut ini cerpen nya .

Hidup tanpa jantung, bagi orang mungkin hidup tanpa jantung itu hanyalah ilusi belaka, mereka berasumsi bahwa jantung adalah inti dari tubuh manusia yang apabila tanpanya manusia takkan dapat hidup, tetapi pendapat mereka itu salah besar. Ada kalanya kita harus mempercayai akan adanya sang pencipta, yang dapat melakukan segala hal sekehandaknya.
Hari-hari kujalani dengan aktifitas yang monoton tanpa hiasan dan canda. Menikmati sisa hidup dengan nafas tersengal dan butir-butir pil perpanjang hidup. Munurut orang-orang aku adalah orang yang paling beruntung di dunia karena terlahir di keluarga yang sangat berkecukupan, menurut mereka uang adalah kunci dari kebahagiaan itu sendiri, tetapi mereka tidak memikirkan efeknya, efek dari memiliki kebahagian yang lebih yaitu kepedihan yang lebih pula. Mereka terus berusaha melakukan segala macam hal untuk memperkaya diri dengan harapan untuk mendapatkan kenyamanan hidup yang tanpa mereka sadari mereka telah mengundang racun yang paling mematikan di seluruh dunia yang meskipun tanpa riset-riset penelitian kedokteran dapat dibuktikan benar adanya.
Seringkali terlintas di benakku apa alasan tuhan menciptakanku, untuk apa dia menciptakan sampah sepertiku yang hanya menjadi beban orang terkasihku. Untuk apa aku hidup?, adalah pertanyaan terbesar yang terus memayungi laraku.
Setiap manusia yang berakal pasti mempunyai sesuatu yang disebut harapan, tetapi apa itu harapan?, apa harapan itu hanyalah angan semu yang tak tertuju artinya. Harapan, pantaskah sampah sepertiku memilikinya?. Detik silih berlalu membuka lembar demi lembar kalender yang kian menipis, menyisakan jerit batin yang menggantung dalam asa.
“Haahh.. musim panas lagi” lirihku disertai helaan nafas berat yang sama sekali tidak mengubah keheningan mencekam dalam mobil yang kini kutumpangi.
Seperti hari-hari biasanya hari ini berjalan sangat membosankan ditambah lagi dengan pegantian musim yang sudah seperti surat teror yang seolah mengatakan bahwa sebentar lagi jerit kesakitan akan memenuhi hari-hariku. Dan memang benar adanya, kemoterapi yang begitu menyakitkan telah berada di depan mata siap akan semua sakit yang akan diberikan padaku. Andai kemoterapi hanyalah sekedar tambahan?, andai aku dapat diwakili untuk melakukan kemoterapi?, adalah angan semu yang menggantung di laraku. Sesekali ketika ku sedang bersama ibu, aku menanyakan berbagai hal yang kesekian kalinya hanya dibalas dengan jawaban singkat darinya.
“Ibu.. kapan aku akan sembuh?”
“Nak.. kesembuhanmu tergantung dari usahamu untuk sembuh, dan yakinlah kalau kami akan selalu mendukungmu”
Entah untuk yang keberapa kalinya hanya jawaban itulah yang selalu terlontar dengan indahnya dari mulut ibu, yang tanpa kusadari telah menjadi tiang angan tabuku. Tetapi hanya itukah?.
Dengan kepala tertunduk ku terus belai memoriku, memutar kaset rusak lara perobek hati. Di kala inilah hatiku akan terus meraung-raung memanggil kematian, menjerit-jerit akan sakit yang mendera. Kapan kematian akan datang menghampiriku?, berapa lama lagi aku harus menunggu? Adalah pertanyaan-pertanyaan yang memenuhi lembaran kisahku. Hah.. untuk apa lagi aku meminta kematian?, tanpa kupintapun kematian pasti akan merengkuhku dalam keabadian terbukti dengan tervonisnya diriku untuk merelakan inti tubuhku karena telah tak terpakai lagi seolah sedang membahas membuang sampah yang tak terpakai lagi dengan santainya dokter itu mengatakan padaku dan kedua orangtuaku untuk meminta persetujuan orangtuaku untuk mengangkat jantungku.
“Maaf, tapi kami menyarankan anda untuk segera memberi kami ijin mengangkat jantung dari saudari Ashna yang sudah tidak bisa diharapkan lagi, meskipun saat ini jantung Ashna masih bisa difungsikan tetapi itu tidak menjamin untuk kedepannya”
Vonis sang dokter yang dengan suksesnya mambuat kedua orangtuaku membulatkan kedua matanya sekaligus menambah beban baru yang menindih pundak mereka. Sungguh hanya inikah yang mampu kulakukan?


Cerpen Karangan: Andi Mardhotilla
Facebook: Andi Mardhotilla
Nama lengkap penulis, yaitu Andi Mardhotilla, lahir di Pinrang, Sulawesi Selatan. Pada tanggal 9 September 1999 dari pasangan Bapak Aris dan Ibu Andi Ratna. Penulis berkebangsaan Indonesia, beragama Islam, dan bersekolah di SMAN 3 UNGGULAN PINRANG. Kini penulis beralamat di Pinrang, Sulawesi Selatan.

Rabu, 26 November 2014

musikalisasi puisi

     Mungkin kalian semua sudah mengetahu tentang apa yang dimaksud dengan puisi , macam dan jenis nya pun mungkin sudah familiar di telinga kalian masing-masing , namun taukah kalian mengenai apa yang di maksud dengn musikalisasi puisi ?

jika dilihat dari adanya kata musik , apa yang kalian pikirkan ???

yaa. tentu saja sebuah nyanyian , namun dalam musikalisasi puisi ini lebih berbeda dari pada puisi pada umum nya , yang dimaksud musikalisasi puisi ialah proses penyampaian kembali isi puisi kepada para pendengar , namun dalam bentuk nyanyian ataupun syair . Dengan kata lain , yaitu puisi yang di lagukan .

contoh nya seperti lagu ''BUNDA'' yang di bawakan oleh melly goeslow , jika di dengarkan dengan dengan seksama , lagu tersebut adalah sebuah puisi , tetapi dibuat berbeda dengan cara di lagukan . sehingga pendengar akan merasa tertarik unttuk mendengarkan puisi yang akan kita sampaikan
contoh puisi yang sebelum nya tidak terkenal , namun menjadi terkenal karena dimusikalisasi kan ialah lagu milik Iwan fals yang berjudul ''IBU''

            IBU
ribuan kilo jalan yang kau tempuh
lewati rintang untuk aku anakmu
ibuku sayang masih terus berjalan
walau tapak kaki penuh darah, penuh nanah

seperti udara kasih yang engkau berikan
tak mampu ku membalas, ibu... ibu...

ingin ku dekat dan menangis di pangkuanmu
sampai aku tertidur bagai masa kecil dulu
lalu doa-doa baluri sekujur tubuhku
dengan apa membalas, ibu... ibu...

ribuan kilo jalan yang kau tempuh
lewati rintang untuk aku anakmu
ibuku sayang masih terus berjalan
walau tapak kaki penuh darah, penuh nanah

seperti udara kasih yang engkau berikan
tak mampu ku membalas, ibu... ibu...

HAKIKAT ,SIFAT DAN FUNGSI BAHASA

HAKIKAT, SIFAT, DAN FUNGSI BAHASA


A.  Hakikat Bahasa Indonesia



Seperti kata pepatah "Bahasa menunjukkan bangsa", maka penggunaan bahasa Indonesia oleh masyarakat Indonesia saat ini mencerminkan sikap bangsa Indonesia yang enggan bertanggung jawab, makin tidak mengenal tata krama, dan miskin imajinasi.

Bahasa adalah kesatuan perkataan beserta sistem penggunaannya yang berlaku umum dalam pergaulan antar anggota suatu masyarakat atau bangsa. Selain memiliki fungsi utama sebagai wahana berkomunikasi, bahasa juga memiliki peran sebagai alat ekspresi budaya yang mencerminkan bangsa penuturnya. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang menjadi wahana komunikasi dan alat ekspresi budaya yang mencerminkan eksistensi bangsa Indonesia.
B. Sifat Bahasa
Sifat-sifat Bahasa ,terdiri dari :
1. Bahasa itu adalah sebuah system
2. Bahasa itu berwujud lambang.
3. Bahasa itu berupa bunyi.
4. Bahasa itu bersifat arbitrer.
5. Bahasa itu bermakna.
6. Bahasa itu bersifat konvensional.
7. Bahasa itu bersifat unik.
8. Bahasa itu bersifat universal.
9. Bahasa itu bervariasi.
10. Bahasa itu bersifat dinamis.
11. Bahasa itu bersifat produktif.
12. Bahasa itu bersifat manusiawi



1.Bahasa itu adalah sebuah system

Bahasa memiliki susunan teratur dan berpola yang terbentuk oleh sejumlah unsur atau komponen. Unsur atau komponen itu berhubungan satu dengan yang lain membentuk suatu keseluruhan yang bermakna dan fungsional. Contohnya “ Kucing itu melompat ke meja “ dan “ Kucing melompat itu meja ke” . Contoh pertama, adalah sebuah kalimat bahasa Indonesia karna tersusun dengan benar menurut pola aturan kaidah (sistem) bahasa Indonesia sedangkan contok kedua sebaliknya.


2. Bahasa itu berwujud lambang

Bahasa sebagai lambang artinya adalah bahasa sebagai penanda ide, pikiran, perasaan, benda, serta tindakan yang secara langsung dan ilmiah. Contohnya saja lambang bahasa yang berbunyi [sapi] melambangkan konsep atau makna ‘sejenis binatang berkaki empat yang biasa dimakan dagingnya’, dan lambang bahasa yang berbunyi [pensil]  ‘sejenis alat tulis yang bisa dihapus dan tidak bertinta’


3. Bahasa itu berupa bunyi

Kata bunyi, yang sering sukar dibedakan dengan kata suara, sudah biasa kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Secara teknis, menurut Kridalaksana (1983:27) bunyi adalah kesan pada pusat saraf sebagai akibat dari getaran gendang telinga yang bereaksi karena perubahan-perubahan dalam tekanan udara. Jadi, bahasa sebagai bunyi adalah sistem bahasa berupa lambang yang wujudnya berupa bunyi. Contohnya media massa adalah bunyi – bunyi bahasa secara lisan dan berupa lambang bunyi / tulisan.


4. Bahasa itu bersifat arbitrer

Arbitrer itu tidak ada hubungan wajib antara lambang bahasa dengan konsep atau pengertian yang dimaksud oleh lambang itu. Hubungan antara signifiant dan signifie itu yang disebut arbitrer, sewenang-wenang. Contohnya pilihan suatu kata disebut kursi, meja, guru, murid dan lain-lain ditentukan bukan atas dasar kriteria atau standar tertentu, melainkan secara mana suka


5.  Bahasa itu bermakna

Bahasa itu adalah sistem lambang yang berwujud bunyi. Sebagai lambang tentu ada yang dilambangkan. Yang dilambangkan itu adalah suatu pengertian atau konsep. Lambang bunyi bahasa yang bermakna dalam bahasa berupa satuan-satuan bahasa yang berwujud morfem, kata, frase, klausa, kalimat, dan wacana. Semua satuan itu memiliki makna. Contohnya lambang bahasa yang berbunyi “ nasi “ melambangkan konsep atau makna sesuatu yang bisa dimakan orang sebagai makanan pokok.


6. Bahasa itu bersifat konvensional

Penggunanaan lambang untuk suatu konsep tertentu bersifat konvensional. Artinya, semua anggota masyarakat bahasa itu mematuhi konvensi bahwa lambang tertentu digunakan untuk mewakili konsep yang diwakilinya. Contohnya, lambang “ buku “ hanya digunakan untuk menyatakan tumpukan kertas bercetak yang dijilid, dan tidak untuk melambangkan konsep yang lain, sebab jika dilakukan berarti dia telah melanggar konvensi itu.


7.  Bahasa itu bersifat unik

          Bahasa dikatakan bersifat unik, karena setiap bahasa mempunyai ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh oleh bahasa lainnya. Ciri khas ini bisa menyangkut sistem bunyi, sistem pembentukan kata, sistem pembentukan kalimat, atau sistem-sistem lainnya. Contohnya saja bahasa Jawa dengan bahasa Sunda, kedua bahasa tersebut mempunyai ciri khas dan keunikan yang berbeda


8. Bahasa itu bersifat universal

          Ada ciri-ciri yang sama yang dimiliki oleh setiap bahasa yang ada di dunia ini. Karena bahasa itu berupa ujaran, maka ciri universal dari bahasa yang paling umum adalah bahwa bahasa ini mempunyai bunyi bahasa yang terdiri dari vokal dan konsonan. Tetapi berapa banyak vokal dan konsonan yang dimiliki oleh setiap bahasa, bukanlah persoalan universal. Contohnya bahasa Indonesia pada kata “ rumah “ mulai dari Sabang sampai Merauke pun orang Indonesia tahu tentang arti kata itu.


9. Bahasa itu variasi

          Setiap bahasa digunakan oleh sekelompok orang yang termasuk dalam suatu masyarakat bahasa. Mengenai variasi bahasa ini ada tiga istilah yang perlu diketahui, yaitu idiolek, dialek, dan ragam. Ragam bahasa adalah variasi bahasa yang digunakan dalam situasi, keadaan, atau untuk keperluan tertentu. Contohnya, bahasa Jawa di Surabaya tidak sama persis dengan bahasa Jawa di Yogyakarta. Begitu juga bahasa Arab yang digunakan di Mesir berbeda dengan yang digunakan di Arab Saudi.


10. Bahasa itu bersifat dinamis

Karena keterikatan bahasa dengan manusia, sedangkan dalam kehidupannya dalam masyarakat kegiatan manusia itu tidak tetap dan selalu berubah, maka bahasa itu juga menjadi ikut berubah, menjadi tidak tetap, menjadi tidak statis. Karena itulah, bahasa itu disebut dinamis.contohnya Contohnya kata kempa, perigi, dan centang-perenang yang dulu ada dan digunakan dalam bahasa Indonesia kini sudah jarang digunakan lagi bahkan tidak digunakan lagi. Sebaliknya, kata-kata seperti riset, kolusi, ulang-alik yang dulu tidak dikenal, kini sudah biasa digunakan


11. Bahasa itu bersifat produktif

Bahasa dikatakan produktif, maksudnya meskipun unsur-unsur bahasa itu terbatas, tetapi dengan unsur-unsur yang jumlahnya terbatas itu dapat dibuat satuan-satuan bahasa yang jumlahnya tidak terbatas. Singkatnya dari 26 huruf dalam bahasa Indonesia, kita bisa membuat beragam kata. Contohnya menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia susunan W.J.S. Purwadarminta, bahasa Indonesia hanya memunyai kurang dari 23.000 buah lema (kata), tetapi dengan 23.000 kata itu dapat dibuat jutaan kalimat yang tidak terbatas. Saya percaya, jika tidak silahkan coba sendiri. Jadi, bahasa itu bersifat terbatas (kosa katanya) dan juga sekaligus tidak terbatas.


12. Bahasa itu manusiawi

Alat komunikasi manusia yang bernama bahasa adalah bersifat manusiawi, dalam arti hanya milik manusia dan hanya dapat digunakan oleh manusia. Contohnya saja Hewan tidak memunyai bahasa. Yang dimiliki hewan sebagai  alat komunikasi (berupa bunyi dan isyarat) tidak bersifat produktif dan tidak dinamis. Yang dikuasai oleh para hewan seecara instingtif, atau secara naluriah. Sedangkan manusia dalam menguasai bahasa dengan cara belajar. Tanpa belajar manusia tidak akan bisa berbahasa


C.  Fungsi Bahasa
Di dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai :
1.     Lambang kebanggan nasional
2.    Identitas nasional
3.    Alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda – beda latar belakang sosial budaya dan bahasanya
4.    Alat perhubungan antarbudaya antardaerah
Di dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai :
1.     Bahasa resmi kenegaraan
2.    Bahasa pengantar resmi di lembaga – lembaga pendidikan
3.    Bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintahan.
4.    Bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.



     

Senin, 24 November 2014

contoh eksposisi .

contoh teks oposisi
Dampak Negatif Aksi Mogok Buruh
Aksi mogok nasional buruh tidak hanya membuat perusahaan mengalami kerugian, tetapi juga membuat para investor asing merasa tidak nyaman. Bahkan beberapa investor sempat menyatakan akan hengkang dari Indonesia. Dalam wacana dan dalam pembicaraan, ada investor yang komplain dan berniat untuk keluar dari Indonesia.
Aksi mogok nasional buruh tidak hanya membuat perusahaan mengalami kerugian, tetapi juga membuat para investor asing merasa tidak nyaman. Bahkan beberapa investor sempat menyatakan akan hengkang dari Indonesia. Dalam wacana dan dalam pembicaraan, ada investor yang komplain dan berniat untuk keluar dari Indonesia
Aksi mogok nasional buruh ini banyak merugikan berbagai pihak. Baik buruh sendiri, pengusaha, investor, pemerintah dan masyarakat, karena situasi yang tidak nyaman. Bagi buruh, aksi yang mereka lakukan telah membuat sejumlah perusahaan tidak beroperasi. Sedangkan bagi pemerintah